Tuesday, December 15, 2009

Inilah Daily Habits Anda yang Merusak Bumi


Nggak pernah kita sadari, tapi kebiasaan buruk ini pelan namun pasti mendukung kehancuran bumi kita:


Cek Saldo vs Struk ATM

Bukan sombong, tapi pernah gak kamu sekedar cek saldo di ATM dan nungguin struk transaksinya keluar? Mungkin kita sering melakukannya, tanpa peduli arti dari sebuah kertas struk transaksi. Kenyataannya, jika dalam sehari ada 10 org yg berbuat demikian disebuah kios ATM, berapa banyak struk terbuang setiap harinya di seluruh kios sedunia? Sebisa mungkin cetak struk hanya untuk kebutuhan yang memerlukan tanda bukti seperti pembayaran telepon, dll namun jika sekedar cek saldo, transfer atau penarikkan sebaiknya gunakan layanan mobile banking yang sudah tersedia di Bank-bank besar seperti Bank Mandiri, BNI, BCA, Permata, Bank Niaga, Bank Mega, dll

Hal yang serupa juga berlaku pada beberapa kasus seperti karcis parkir yang dapat diganti dengan sistem kartu, pada beberapa tempat jika kamu parkir kurang dari 20 menit kamu nggak dikenakan biaya apapun dan tetap diberikan struk parkirnya yang sudah pasti dibuang percuma. Struk belanja pun sama halnya, jika kamu hanya ingin membeli sebungkus rokok tidak perlu membelinya di minimarket, pergilah ke warung kelontong terdekat, harga sebungkus rokok tidak cukup untuk membayar sebuah struk yang kadang panjangnya lebih dari 10cm.

Dunia Plastik

Merasa titel diatas terlalu lebay? Hmmm.. coba dipikir-pikir lagi, jika kamu seorang ibu rumah tangga, berapa banyak kantong plastik yang kamu simpan lagi untuk digunakan kemudian hari?

Mungkin kamu akan menjawab banyak, namun berapa orang dari kamu yang benar-benar menggunakannya kembali? Berapa banyak dari kamu yang benar-benar membawa beberapa kantong plastik kosong untuk berbelanja di sebuah gerai hypermarket dan tidak malu untuk menyarankan petugas kasirnya agar tidak usah menggunakan kantong yang baru sembari menawarkan kantong plastik yang kamu bawa dari rumah?

Bumi kita sedang mengalami endemi plastik, himbauan kurangi penggunaan plastik sekarang bukan berarti kamu beralih kepada kertas, mungkin lebih tepatnya himbauan kamu harus menekan penggunaan plastik baru sekarang!

Electrisave!

Sebenarnya masalah pemborosan listrik nggak bikin kerugian nyata di kehidupan kita, tapi pemborosan listrik mempengaruhi gaya hidup dan lingkungan sekitar kita. Uang seringkali keluar percuma untuk membayar sebuah energi listrik yang sia-sia ketika sebuah televisi dinyalakan tanpa ada yang menonton. Masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kita yang nggak disadari namun lumayan baik jika kita memperhatikan dan bijak menggunakan listrik

Kamu selalu tidur dengan lampu menyala? Sebaiknya biasakan tidur dengan lampu dimatikan mulai sekarang, karena selain untuk menghemat energi, tidur dalam keadaan lampu mati terbukti meningkatkan kualitas istirahat karena otot mata benar-benar diam karena tidak ada cahaya yang masuk. Cahaya yang terang pada waktu tidur membuat otot mata bereaksi dan menstimulasi otak untuk terus bekerja, inilah salah satu faktor sulit tidur pada manusia.

Cabut charger ponsel ketika sedang tidak digunakan atau baterainya sudah penuh. Walau energi yang terbuang nggak seberapa, tapi bayangkan jika kita terus menerus melakukannya selama sebulan, listrik yang terbuang selama sebulan itu lumayan untuk menyalakan setrika listrik dirumah selama satu hari penuh.

No comments:

Post a Comment